Selasa, 02 April 2013

Yang mahal belum tentu menang

Cari ayam bagus itu gampang, asal ada uang. Yang sulit itu adalah merawat ayam agar selalu fit. Hal ini baru saya pahami sekitar dua bulan lalu. Saya dan seorang kawan saya, patungan beli ayam Rp 1 juta. Ayam yang dibeli sudah menang dua kali. Niatnya, buat diadu bareng-bareng. Habis dibeli, langsung masuk tahap penyiapan tarung, calon lawan pun sudah digandeng, mahar sudah disepakati. Hari H, tarung pun jadi, alangkah kagetnya, ayam kami jadi samsak. Dari air pertama makan pukulan, beruntung bisa tahan hingga enam airan dan draw. Setelah draw, saya ambil alih perawatan karena teman saya merasa salah merawat ayam ini. Tiga pekan berselang, ayam tampak sudah fit, dibawa ke kalangan. Lagi-lagi makan pukulan, setelah airan ketiga ayam saya angkat karena sudah tidak imbang berdiri.
     Rupanya si pemilik awal ayam kami beli, Pak Rudi, hadir juga ke kalangan. Tanpa babibu, dia ngasih uang Rp 500 ribu. Dia ingin beli lagi ayam nya. Tanpa berfikir panjang saya iyakan. Saya terheran-heran, kok dia masih mau membeli ayam yang sudah KO itu.
     Dua pekan kemudian, saya dapat kabar pak rudi mau ngadu ayam yang pernah saya beli. Saya pun datang. Rupanya, ayam itu ditarung lagi dengan ayam yang mengKO sebelumnya. Saya kaget, ayam yang KO itu, bisa menang bahkan tidak sampai dua air. “jangan ngadu ayam dulu kamu, belajar merawat ayam dulu baru ngadu,” kata pak rudi ke saya.
     Setelah saya renungkan, benar juga pak rudi. Mencari ayam bagus sangat gampang, tapi merawat ayam itu yang susah. Merawat ayam memang penuh misteri, gampang-gampang susah. Banyak cara merawat ayam, tapi manakah yang paling benar. Saying pak rudi belum berkenan berbagi ilmunya pada saya.
Sekarang saya stop dulu berburu ayam, saya ingin belajar merawat anakan ayam dirumah dengan baik dan benar sampai saya dapat cara merawat ayam yang bagus. Salam…..

Sumber: mimbar bebas papaji, musthofa bisri

0 komentar:

Posting Komentar