Selasa, 02 April 2013

Awal mula berternak


Gaya hidup atau pola hidup adalah salah satu hal yang menjadi faktor penentu keseluruhan dalam hidup, manusia khususnya. Jika mempunyai niat dan keyakinan maka segala sesuatu akan menjadi mudah. Tetapi untuk kali ini bagaimana dengan suatu hobi yang memang dapat dikatakan melekat dan menjadi rutinitas keseharian. Salah satunya adalah penghobi ayam bangkok atau ayam aduan, kenapa dikaitkan dengan gaya hidup? pada saat menjalani hobi, tentu berkaitan dengan peranan seseorang dalam menjalankan hobinya (Ayam bangkok atau aduan).


Peranan tersebut dapat memberikan dampak untuk hewan yang dipelihara yaitu ayam bangkok atau aduan. Bila ditangani dengan menerapkan aturan yang baik maka akan baik pula yang dihasilkan, (Orang senang itu ga ada duanya loh?!). Ayam aduan bagi sebagian orang bisa menjadi lahan bisnis dan tidak menutup kemungkinan berpenghasilan dengan hanya berternak kecil-kecilan atau dalam sekala besar. Diberbagai daerah tentu mempunyai ternak khusus yang mendistribuasikan ayam bangkok import maupun lokal karena disektor ini masih terbuka lebar dalam arti dalam skala kualitas ayam bangkok atau ayam aduan yang super, bayangkan? Pernah ketika itu menanyakan harga 1 ekor ayam bangkok yang baru saja menetas dengan kualitas super dibandrol Rp. 50rb!! Tidak penasaran, kan. Ayam bangkok aduan memiliki bobot harga yang fantastis dibandingkan ayam lainnya. Namun pandangan mengenai ayam bangkok atau aduan dapat dikaitkan dengan sabung, nah repot kan kalo sampai divonis sebagai orang yang ini, orang yang itu di masyarakat? owh tidak apa-apa justru perbedaan dan perdebatan itu perlu, "ga rame". Intinya setiap orang memiliki kebebasannya masing-masing dan tidak jarang menerapkan batasan-batasan tertentu, yang jelas tidak merugikan orang lain itu saja sudah simple. Ayam aduan dapat dijadikan lahan untuk berbisnis dengan kualitas super tentu dengan peranan seekor penjantan danindukan yang berkualitas super, untuk itu jangan kaget bila harganya melejit hingga jutaan rupiah. Namun hasil yang diperoleh lebih dari kocek yang dikeluarkan. Tertarik untuk berbisnis berternak ayam bangkok aduan??
Untuk berbisnis dalam sekala kecil dengan sepasang indukan berkualitas super tidak terlalu sulit, hanya perlu keuletan dan kesabaran. Contohnya seperti mempunyai ayam kampung atau yang biasa dipedesaan. Hanya bermodal kandang dan gatek untuk tempat mengawinkan bibitan tadi. Mudah bukan? Tidak salah untuk mencobanya dulu. Salam.


0 komentar:

Posting Komentar